7 Tempat Wisata Populer di Garut yang Wajib Dikunjungi

821
Daftar Wisata Wajib digarut
Tempat Wisata di Garut yang Wajib dikunjungi

7 Tempat Wisata Populer di Garut –  Berasal dari kata ‘kakarut’ yang berarti ‘tergores’ maka lahirlah Kabupaten Garut. Kabupaten Garut merupakan kawasan pegunungan yang mempunyai nuansa alam yang sangat indah. Saking indahnya, bahkan pada masa lampau kawasan Garut dipercaya memiliki nilai-nilai keberuntungan.

Kian hari Garut semakin populer dikalangan wisatawan. Banyak wisatawan dari luar yang sangat menyukai panorama alam yang ada di Indonesia, termasuk di Garut. Setiap tahun wisatawan lokal maupun global sering mengunjungi obyek wisata di Garut untuk sekedar menemani keluarga.

Untuk melihat sejauh mana keindahan alam kabupaten garut, berikut 7 tempat wisata di Garut yang akan membuat anda tergiur untuk mengunjunginya.

1. Kawah Putih Talaga Bodas

Kondisi alam yang masih sangat perawan membuat garut semakin dilirik traveller, salah satu satu anugerah alam tersebut adalah Kawah Putih Talaga Bodas. Sebutan Kawah putih memang identik dengan kawah putih yang ada di Bandung namun Garut juga mempunyai kawah yang tidak kalah dengan yang ada di Bandung.

Talaga bodas merepresentasikan telaga yang berwarna putih, hal itu tak lepas dari permukaan kawah yang menyerupai telaga. Kawah ini menyerupai gumpalan-gumpalan substansi yang berada di kosmos hampir sama seperti yang ada di film Star Wars.

Kawah Putih Talaga Bodas merupakan ‘anak kesayangan’ dari gunung Talaga Bodas, sehingga terletak di pertengahan gunung Talaga Bodas, jadi traveler harus mendaki hingga ketinggian 1500 mdpl untuk bisa menikmati asap dari surga ini.

Percayalah bahwa perjalanan pendakian menuju Kawah Putih Talaga Bodas merupakan setengah kepuasan dari perjalanan liburan ke Kawah Putih Talaga Bodas karena traveler bisa menemukan berbagai keindahan panorama alam.

Traveler bisa menemukan kebun sayur, kebun teh, sungai, bukit-bukit dan hal-hal indah lainnya saat perjalanan pendakian. Setelah sampai di Kawah Putih Talaga Bodas travaler bisa menikmati berbagai pemandangan indah dan jangan lupa untuk selfie dan menguploadnya di akun sosmed mu.

2. Situ dan Candi Cangkuang

Garut memiliki destinasi wisata heritage dan memiliki nilai-nilai historis yang sangat sakral. Namanya adalah Candi Cangkuang, yaitu sebuah candi yang terletak di kawasan Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut.

Candi ini menjadi bukti penemuan penting dalam sejarah peradaban tatar Sunda. Candi Cangkuang merupakan candi pertama yang ditemukan di tanah Sunda dan merupakan satu-satunya candi Hindu yang ada di tatar Sunda.

Keunikan lain yang ada di tempat ini yaitu lokasi candi berada ditengah-tengah danau atau dalam bahasa Sunda disebut situ. Traveler harus menggunakan rakit untuk dapat mengakses Candi Cangkuang.

Kawasan ini merupakan cagar alam dan cagar budaya kabupaten garut. Jadi tak heran, traveler bisa menemukan candi dan juga menemukan panorama alam yang masih perawan.

Mungkin kamu pernah melihat sebuah film yang memperlihatkan perjalananan di sebuah danau misterius yang di dalamnya dipenuhi monster dan akhirnya terdampar di sebuah candi atau arca, dan nuansa yang ada di Situ dan Candi Cangkuang tak ada bedanya.

Panorama alam dan juga nilai-nilai spiritual yang ada di kawasan cagar budaya ini sangat memorable, jadi kalau ke Garut wajib mengunjungi tempat wisata keren satu ini.

3. Situ Bagendit

Situ Bagendit sangat identik dengan sebuah cerita rakyat yang menceritakan seorang janda kikir bernama Bagende Endit yang karena kekikirannya akhirnya dikutuk oleh seorang kakek sehingga hartanya tersebut tenggelam ke dasar danau.

Cerita rakyat tersebut memang berhasil menjadikan Situ Bagendit ini semakin populer dari tahun ke tahun. Selain dramatisnya cerita rakyat tersebut, pesona alam yang dimiliki oleh Situ Bagendit juga tak kalah dramatisnya. Tidak heran banyak wisatawan lokal maupun luar negeri sering singgah untuk menikmati romantisme alam di Situ Bagendit.

Situ Bagendit berada di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Garut dan memiliki panorama alam yang sangat indah karena dikelilingi oleh siluet-siluet gunung yang ada di Garut.

Luas permukaan danau mengundang traveller untuk memanfaatkan wahana-wahana khas air saat di Situ Bagendit seperti canoe, rakit, jet ski, sepeda air dan lain-lain. Tempat wisata oke di Garut ini sangat populer dan biasanya menjadi transit orang-orang saat musim liburan tiba.

4. Gunung Cikuray

Bagi para pendaki, puncak gunung merupakan bayaran atas segala usaha pendakiannya namun saat mencapai puncak gunung Cikuray maka bayarannya adalah pemandangan ‘nirwana’ yang bisa ditemukan oleh pendaki.

Apalagi saat sunset, siluet cahaya matahari bercampur dengan polosnya awan yang beriringan membuat siapa saja yang melihatnya akan menghela nafas berkali-kali. Puncak gunung Cikuray merupakan tempat paling diinginkan oleh para pendaki dan anda pun bisa melakukannya.

Gunung Cikuray merupakan gunung tertinggi di Garut namun trek pendakian tidak seekstrem gunung Papandayan sehingga traveler bisa mencapai puncaknya lebih cepat. Jika traveler kurang nyali untuk menggapai puncak gunung Cikuray tak perlu khawatir karena banyak spot-spot keren di gunung Cikuray ini dan kamu bisa mendirikan tenda.

5. Wisata Sungai Cimanuk

Sungai Cimanuk terkenal karena arusnya yang sangat deras disertai dengan batu-batu cadasnya. Karena faktor tersebut sungai ini akhirnya dijadikan wisata arung jeram paling populer di Garut.

Wisata Arung Jeram Sungai Cimanuk ini sangat cocok bagi anda yang menginginkan suasana liburan sedikit atau memang sangat berbeda karena setelah meluncur di atas canoe maka substansi-substansi adrenalin yang ada di tubuhmu akan keluar semua. Selain kondisi sungai yang sangat oke, pemandangan di sekitar sungai Cimanuk juga sangat keren.

6. Pantai Santolo

Soal urusan pariwisata Garut memang jagonya dan bisa dibilang sangat full package. Selain pegunungan-pegunungannya yang sangat keren, Garut juga memiliki pantai keren yang tak kalah indah dengan pantai-pantai lain di Indonesia. Pantai paling oke di Garut adalah Pantai Santolo.

Pantai Santolo ini memiliki pasir berwarna putih dan memiliki kondisi lingkungan yang sangat bersih. Selain itu di area pantai terdapat sebuah pulau yang bernama pulau Santolo. Karena sangat eksotis, Pantai Santolo sangat pas untuk dijadikan tujuan liburan anda selanjutnya.

7. Pantai Cijeruk Indah

Garut juga mempunyai destinasi wisata pantai yang masih belum banyak dikunjungi wisatawan yaitu Pantai Cijeruk Indah. Kondisi lingkungan, air laut, pasir putihnya masih sangat perawan dan bisa dipastikan inilah destinasi wisata paling recommended di Garut.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Populer di Kuningan

Pantai ini tak kalah eksotis dengan pantai-pantai yang ada di pulau Lombok, dan traveler bisa menghabiskan waktu luang dengan berjemur diatas pasir putih Pantai Cijeruk Indah. Selain itu air lautnya juga sangat jernih, traveler bisa melihat dengan jelas batu-batu karang dan ikan-ikan kecil yang terlihat dibawah laut.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here