7 Destinasi dan Tempat Wisata di Kuningan – Objek Wisata Populer Baru di Indonesia

558
Tempat Wisata di Kuningan

Arwini.com – Dewasa ini, Kuningan semakin populer di mata para wisatawan. Berbeda dengan Kuningan pada zaman dulu yang banyak diabaikan karena destinasi yang belum begitu tekenal. Pemberitaan media social yang semakin gencar akhir-akhir ini adalah penyebab utama kuningan menjadi destinasi favorit di Indonesi.

Loading...

Potensi pariwisata Kuningan digadang-gadang termasuk ke dalam jajaran lokasi wisata elit di Indonesia. Meskipun demikian, kawasan ini berada dikaki gunung ciremai yang menambah keeksotisan panorama di sekitarnya.

Kerana Kuningan terletak di pegunungan, maka kebanyakan destinasi wisata di Kuningan tidak jauh dari hal-hal yang berbau pegunungan, untuk mengobati penasaran Anda berikut 7 tempat wisata di Kuningan Jawa Barat.

1. Cibulan

Kuningan memiliki wisata legendaris yang telah ada sejak masa penjajahan silam. Objek wisata Cibulan merupakan objek wisata tertua di Kuningan yang sarat aan sejarah masyarakat setempat.

Objek wisata ini diresmikan oleh bupati yang menjabat pada tahun 1939. Saat ini, ada dua ruang yang disakralkan masyarakat, yaitu 2 kolam utama yang berisikan ikan dewa.

Ikan dewa dipercaya sebagai mahluk magis yang dapat mendatangkan keberuntungan. Ada beraneka ragam ukuran ikan di kolam ini, rata-rata berukuran di bawah satu meter namun beberapa diantaranya memiliki ukuran melebihi satu meter.

Ikan ini tidak berbahaya, jadi aman bagi wisatawan yang ingin say hello. Bahkan, menerut penuturan warga setempat, ikan dewa ini dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk pijat terapi saat kaki dicelupkan ke dalam ke kolam. Ikan-ikan tersebut akan berdatangan ke kaki dan mengemutnya.

Yang menggembirakan, Anda pun diperbolehkan mandi di area kolam ini sehingga bisa berenang berbarengan dengan ikan magis yang dipercaya sebagai titisan dewa.

Selain kolam, terdapat juga 7 buah sumur yang dipercaya memiliki kekutan magis. Sumur ini mengitari petilasan prabu siliwangi untuk mendapatkan inspirasi. Karena foktor ini, beberapa masyarakat memiliki keyakinan akan hal tersebut.

2. Sangkanhurip 

Wisata Sangkanhurip merupakan pemandian air panas yang dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit kulit. Pemandian terletak di desa Sangkanhurip atau di kaki gunung Ciremai.

Ada beberapa fasilitas tambahan yang akan Anda temukan disini, bagi yang suka dengan suasana pribadi (tidak ingin bercampur dengan wisatawan lain) di pemandian ini disediakan bilik khusus yang diperuntukkan bagi pengunjung dengan minat tersebut.

Untuk tiket masuk, ada beragam harga yang ditawarkan. Bagi anak-anak sebesar Rp. 7.000-, orang dewasa Rp. 10.000.- dan untuk kelas ekslusif seharga Rp.30.000,-.

3. Taman Purbakala Cipari

Taman Purbakala ini ditemukan pada tahun 70an yang kuningan termasuk dari kota peradaban kuno atau peradaban pra sejarah sekitar 2000-1000 SM.

Pada masa itu, kepercayaan pada roh-roh dimanifestasikan dalam sebuah menhir (medium tempat pemujaan) dan dolmen (meja batu tempat meletakan sesaji) maka jangan heran saat mengitari Taman Purbakala Cipari, anda akan menemukan berbagai menhir dan dolmen.

Di tempat ini terdapat situs purbakala yang diberi nama Batu Temu Gelang (yaitu area berbentuk bundaran dan dikelilingi oleh bebatuan. Bentuk bebetuan tersebut membentuk sebuah bundaran yang menandakan tempat bermusyawarah.

4. Gedung Perundingan Linggarjati

Kuningan tak hanya populer karena keindahan alamnya juga populer karena adanya Gedung Perundingan Linggarjati. Objek wisata di Kuningan ini mengingatkan banyak orang tentang perjuangan bangsa Indonesia di masa lampau.

Pasca kemerdekaan, gejolak politik masih belum stabil sehingga perundingan antara Belanda dengan Indonesia tidak bisa dilakukan di Jakarta atau di Yogyakarta sehingga Linggarjati lah yag di pilih.

Wisata ini memiliki banyak keunikan, selain bisa melihat berbagai barang-barang bernilai sejarah didalam gedung juga traveler bisa menemukan berbagai satwa-satwa yang ada di area gedung Linggarjati. Kondisi alamnya yang masih sangat asri membuat Gedung Perundingan Linggarjati sangat pas untuk dikunjungi saat musim liburan tiba.

5. Curug Sidomba

Kuningan juga mempunyai wisata air terjun keren yaitu Curug Sidomba. Sesuai namanya di area sekitar air terjun terdapat banyak domba-domba liar yang berkeliaran. Air terjun ini terbilang masih baru, ditemukan pada 2002 yang lalu, namun seiring berjalannya waktu semakin populer dan menjadi landmark pariwisata Kuningan.

Curug ini memang tidak memiliki ketinggian ekstrem namun nuansa alam yang ada di sekitarnya sangat sangat indah. Tidak heran banyak orang yang mengunjungi objek wisata ini, terutama sebagai setting pemotretan pre wedding.

Di bagian kolam dekat air terjun terdapat ikan-ikan lumayan berukuran besar yang menambah nuansa di area Curug Cidomba semakin luar biasa. Selain itu disekitar Curug Cidomba terdapat resto-resto yang lumayan oke dan juga adanya gazebo-gazebo untuk bersantai.

6. Curug Putri

Selain Curug Sidomoba, Kuningan juga mempunyai destinasi wisata air terjun bagus lainnya yaitu Curug Putri. Curug Putri ini terletak di kaki gunung Ciremai dekat dengan bumi perkemahan Palutungan. Apa yang membuat Curug Putri begitu indah karena air terjun ini memiliki tinggi 20 meter dan siluet air yang jatuh begitu eksotis.

Selain itu terdapat pohon besar didekat air terjun yang membuat nuansanya semakin luar biasa. Area disekitar Curug Putri juga sangat indah terdapat dua buah air terjun kecil yang bisa dipakai pengunjung untuk bermain air. Kondisi alam yang masih sangat perawan dan juga airnya yang sangat bersih membuat Curug Putri sangat pas untuk dikunjungi.

Baca Juga: Tempat Wisata Wajib di Magelang

7. Telaga Remis

Salah satu objek wisata keren lainnya di Kuningan adalah Telaga Remis. Telaga Remis adalah danau eksotis yang terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Mandirancan, Kuningan. Kondisi alam yang masih sangat asri ditambah tenangnya suasana danau membuat Telaga Remis sangat cocok dijadikan tujuan liburan.

Terdapat berbagai hal yang bisa dicoba oleh traveler saat berada di Telaga Remis yaitu memancing, berenang, ataupun berjalan-jalan disekeliling Telaga Remis. Nama Telaga Remis itu sendiri berarti danau yang dipenuhi oleh kerang berwarna kuning yang orang Sunda menyebutnya dengan remis. Objek wisata keren di Kuningan ini bisa menjadi tujuan liburan anda selanjutnya.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here