7 Daftar Air Terjun Terindah di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi

1051
Daftar Air Terjun Terindah di Indonesia
Daftar Air Terjun Terindah di Indonesia




Arwini.com – Destinasi wisata alam di Indonesia memiliki pesona yang terkenal hingga ke mancanegara. Selain pesona Pulau Dewata Bali, Indonesia juga kaya akan potensi wisata alam berupa air terjun yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia dengan ragam pesona dan keindahannya.

Sudah tidak diragukan lagi, ada beberapa titik air tejun yang tersebar di Indonesia yang menawarkan keindahan tidak ada duanya. Dari sekian banyak air terjun tersebut kami hanya mengambil dereta wisata yang terkenal di tiap kota. Berikut ini adalah daftar 7 air terjun terindah di Indonesia yang rekomended bagi para traveller.

1. Air Terjun Dua Warna

Terletak di Desa Durin Sirugun, Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara Air Terjun Dua warna menampilkan pesona alam yang begitu indahnya, pancaran airnya memiliki gradasi dua warna yang berbeda akibat kandungan fosfor dan belerang di dalamnya.

Air yang bercorak putih keabu-abuan dengan biru muda bersumber pada mata air dari Gunung Sibayak dengan ketinggian mencapai 1270 mdpl. Untuk mencapai lokasi eksotis ini memang butuh perjuangan karena Anda harus melewati hutan selama 2-3 jam dan bisa menggunakan jasa pemandu.

Perjalanan jauh ini, akan segera terbayarkan dengan pemandangan air terjun yang elok di depan mata, Anda bisa berenang, bermain air bahkan bisa berkemah di sekitar air terjun sembari menikmati nuansa alam yang memikat diantara gemericik air yang menenangkan.

2. Air Terjun Benang Kelambu

Salah satu air terjun terindah di Indonesia ini berada di kaki Gunung Rinjani dan dikenal dengan nama Air Terjun Benang Kelambu. Terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Batu Keliang Utara, Lombok Tengah air terjun ini berada pada bagian atas hulu Air Terjun Benang Stokel.

Pemandangan air terjun ini akan membuat takjub siapapun yang menyaksikannya, dimana air terpancar dari sela-sela pepohonan gambung yang rimbun dengan enam titik air yang tercurah lembut bak kelambu.

Dengan ketinggian mencapai 40 meter, setidaknya ada dua kelompok air terjun dengan 2-3 tingkatan dan terdapat susunan batu lebar di bawah curahan air terjun sehingga wisatawan bisa bermain air dan mandi di bawah air terjun. Masyarakat setempat juga meyakini jika mandi di air terjun ini bisa membuat Anda awet muda.

3. Air Terjun Sipiso-piso

Selain termasuk salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, Air Terjun Sipiso-piso juga menyajikan pesona keindahannya yang menakjubkan. Dengan ketinggian mencapai 120 meter, air terjun ini berada pada perbukitan di ketinggian 800 mdpl yang dikelilingi oleh hutan pinus yang rimbun.

Terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Air Terjun Sipiso-piso bisa dicapai dengan menempuh perjalanan menaiki tangga berundak pada area perbukitan selama satu jam. Keindahan air terjun yang dikelilingi rimbunnya pepohonan menjadi magnet yang kuat bagi wisatawan untuk mengunjunginya selama liburan.

4. Air Terjun Mursala

Air terjun ini menyuguhkan pemandangan indah yang mengagumkan, dimana aliran air dari Air Terjun Mursala langsung jatuh ke lautan lepas. Terletak di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, salah satu air terjun terindah di Indonesia ini memiliki ketinggian hingga 35 meter.

Selain mengamati keindahan air terjun dengan menggunakan kapal, Anda juga bisa melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan di bawah air.

5. Air Terjun Moramo

Sebagai salah satu air terjun terindah di Indonesia, Air Terjun Moramo masuk dalam kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa yang terletak di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupeten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Di lokasi ini Anda akan disuguhi dengan pemandangan indah yang menakjubkan, dimana air tercurah dengan deras di bebatuan granit yang bertingkat hingga 7 tingkatan air terjun dengan beberapa undakan kecil dan kolam-kolam yang jernih.

Kicauan burung di antara gemericik air yang alami tentu akan membuat suasana liburan semakin berkesan terlebih Anda juga bisa menyaksikan satwa seperti anoa dan monyet hitam yang ada di sekitar lokasi air terjun.

6. Air Terjun Sri Gethuk

Terletak di Dusun Menggoran, Bleberan, Pleyen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Air Terjun Sri Gethuk terbentuk dari tiga sumber mata air yaitu Kedung Poh, Ngandong dan Ngumbul yang alirannya jatuh pada bebatuan karst.

Baca Juga: 16 Wisata Air Terjun Tersembunyi di Jogja

Di antara pesona air terjun yang indah terselip mitos bahwa lokasi air terjun merupakan tempat penyimpanan “kethuk”, semacam instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro. Konon warga sering mendengar alunan gamelan dari arah air terjun pada saat tertentu.

7. Air Terjun Madakaripura

Terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, air terjun ini berada di Desa Sapih, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur dengan keindahan yang menakjubkan. Dengan ketinggian mencapai 620 mdpl, air terjun ini berbentuk curuk yang dikelilingi bukit dengan curahan air hampir di setiap sisi tebingnya.

Anda akan merasa seolah tengah berada di dalam sebuah sumur raksasa. Air terjun yang dikeramatkan oleh umat Hindu ini diyakini sebagai tempat Patih Gajah Mada bersemedi untuk yang terakhir kalinya.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here