5 Tips Memilih Jalur Karir agar Karir Melesat

5 Tips Memilih Jalur Karir agar Karir Melesat
Planning Karir Mapan (Foto: Stafco.com)

Arwini.com, 5 Tips Memilih Jalur Karir agar Karir Melesat – Saat memilih jalur karir, tentu diperlukan banyak pertimbangan agar tidak menimbulkan penyesalan di kemudian hari yang justru bisa menghambat perkembangan karir tersebut.

Tentu tidak ada seorang pun yang ingin terjebak dalam karir yang tidak diinginkan.  Nah, agar tidak mengalami hal demikian, berikut ini adalah 5 tips memilih jalur karir agar melesat dan berkembang.

1. Apakah kuliah di jurusan yang disukai?

Sebelum menentukan bidang pekerjaan yang diminati di masa mendatang, yang pertama dilakukan adalah mempertimbangkan jurusan kuliah.  Apakah jurusan kuliah yang ditempuh memang sesuai bidang yang akan dituju?

Apakah jurusan tersebut disukai atau bahkan sebenarnya Anda kurang yakin dengan jurusan yang telah ditempuh.  Akan lebih memudahkan untuk mendapatkan pekerjaan jika sesuai dengan jurusan kuliah yang telah ditempuh selama ini.

Jika ternyata bidang pekerjaan yang digeluti saat ini memang bertolak belakang dengan jurusan saat kuliah dulu, tidak ada salahnya untuk mencermati bidang pekerjaan tersebut, berusaha mempelajari hal baru untuk meningkatkan kemampuan.

Tanamkan dalam diri, Apakah pekerjaan tersebut bisa diterima dan bisa dijalani, jika berhasil menyukai pekerjaan yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan maka hal itu akan berdampak baik pada peningkatan kualitas kerja.

Selalu berusaha untuk mempelajari hal baru dan bukan hal mustahil untuk meraih kesuksesan dan karir cemerlang dalam bidang pekerjaan tersebut.

2. Uang memang Penting tapi Bukan Segalanya

Pekerjaan dengan gaji tinggi tentu sangat menggiurkan, namun begitu uang bukan segalanya.  Akan sangat berpengaruh pada kinerja saat hanya mengandalkan gaji tinggi yang ditawarkan.  Menjalani pekerjaan dengan berpatokan pada gaji justru akan menghambat karir di masa mendatang.

Tidak selamanya gaji yang tinggi  memberikan kesempatan bagi karyawannya untuk mengembangkan diri dalam karir yang diinginkan. Menjalani pekerjaan dengan sepenuh hati dan semangat untuk meraih kesuksesan bisa menjadi motivasi dalam meraih karir yang cemerlang.

3. Jangan Malu untuk Belajar dan Belajar

Jika ingin memiliki karir yang semakin berkembang maka jangan pernah malu untuk belajar dan belajar lagi.  Setiap pekerjaan tentu ada masa-masa dimana kinerja menurun, dan kondisi ini menuntut untuk tetap fokus dan jangan pernah mengabaikan kritikan yang masuk.  Ingatlah bahwa setiap kritikan justru bisa membuat diri tertantang untuk menunjukkan kinerja yang lebih baik lagi dalam karir.

Yang tidak kalah pentingnya dalam proses belajar dalam menjalani pekerjaan adalah menjalin komunikasi yang baik dengan semua rekan kerja.  Hubungan yang terjalin baik dengan rekan kerja akan lebih memudahkan dalam mempelajari segala hal terkait pekerjaan yang kurang begitu dipahami selama ini.

Selain itu kemauan untuk belajar lagi dan lagi akan membuat penyerapan informasi pada diri semakin maksimal sehingga memungkinkan untuk menemukan ide baru yang kreatif dan menunjang karir Anda di masa yang akan datang.

4. Jeli melihat peluang

Mulailah untuk lebih jeli dalam melihat peluang yang datang, karena tidak setiap saat peluang itu datang menghampiri Anda.  Jika pekerjaan Anda saat ini tidak memberikan kesempatan bagi Anda untuk lebih maju lagi dalam berkarir, cobalah mempertimbangkan peluang di perusahaan lain yang lebih menjanjikan.

Jika memang Anda memenuhi kualifikasi dan merasa mampu dengan bidang pekerjaan yang ditawarkan, tidak ada salahnya untuk mencoba bidang pekerjaan baru tersebut.

5. Cobalah rencana lain

Memaksakan diri untuk tetap bertahan dalam bidang pekerjaan yang tidak disukai tentu akan memberikan tekanan tersendiri dalam perkembangan karir Anda.  Ingatlah bahwa dunia pekerjaan itu bersifat dinamis, segala perubahan bisa saja terjadi di dalamnya.

Jika memang tidak merasa cocok dan bahkan tertekan menjalani bidang pekerjaan saat ini, cobalah dengan rencana lain yang lebih membuka peluang sukses bagi karir Anda.

Mencari informasi yang bisa memberikan peluang bagi Anda untuk mendapatkan karir yang lebih bagus bisa menjadi salah satu cara agar tidak terjebak dalam pekerjaan yang membuat Anda merasa tertekan.

Baca Juga: 6 Langkah Kongkrit untuk Mendapatkan Pekerjaan

Itulah 5  tips memilih jalur karir yang bisa dilakukan agar karir semakin berkembang.  Menjalani pekerjaan bukan sekedar bekerja dan mendapatkan gaji, karena setiap pekerja tentu menginginkan peluang yang lebih baik untuk mengembangkan karirnya.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here