5 Tips Cara Alami Menghilangkan Cegukan setalah Makan

1004
5 Tips Cara Alami Menghilangkan Cegukan

Pernahkan anda cegukan di depan umum?? Misalkan jawabannya sudah pernah.  Pastilah timbul perasaan malu, jika hal itu terjadi pada kita. Karena cegukan tersebut bagi sebagian orang membuat orang tersebut menjadi kurang percaya diri.

Loading...

Cegukan sendiri di sebabkan karena pengambilan nafas secara tiba tiba dan cepat, kemudian melewati paru paru yang membuat ruang di pita suara menutup dan terjadilah cegukan. Seandainya cegukan tersebut berlangsung lama ataupun lebih dari satu hari, maka perlu diwaspadai, kemungkinan terdapat gejala penyakit di otak. Misalnya masalah yang timbul di batang otak,infeksi dan bisa mengarah ke penyakit stoke. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Diantaranya karena makan terburu buru dan terlalu banyak, pengambilan nafas yang terburu buru, keadaan emosi yang tidak stabil (misalnya kita terlalu stres ataupun terlalu gembira secara tiba-tiba), menyantap makanan dan minuman dalam kondisi panas serta merokok. Secera rinci akan kami jelaskan di bawah ini:

5 Pola Makan Penyebab Cegukan

Cegukan adalah gangguan yang dialami seseorang saat setelah makan atau minum. Cegukan yang dialami menunjukkan bahwa otot yang terdapat di bawah paru-paru bergerak ke atas dan ke bawah tanpa sadar. Gerakan ini disebut diafragma (diatur oleh saraf phrenic)

Banyak orang yang berkata bahwa cegukan setelah makan disebabkan olah makanan yang kita konsumsi. Ada beberpa makanan yang akan memicu terjadinya cegukan walapun anda hanya mengkonsumsi dalam jumlah minim. Jika anda merasa malu dan risih ketika mengalami cegukan maka ketahuilah penyebab cegukan yang bersumber dari beberapa makanan berikut:

Terlalu Cepat Saat makan,- Terkadang banyak orang yang memiliki kesibukan namun tidak dapat memenage jadwal mereka, hal tersebut dapat berimplikasi pada aktivitas yang serba terburu-terburu. Salah satu aktivitas tersebut ketika menyantap makanan. Kondisi makan dengan terburu-buru dapat memicu respon gerakan otot yang tidak sadar dan membuat diafragma penuh dengan udara. Cegukan pun tidak dapat dihindari.

Makanan pedas,- Cabe, lada atau makanan kari berpotensi menimbulkan cegukan walaupun cegukan tersebut hanya berlangsung singkat, namun hal itu perlu anda hindari untuk menjaga sikap di depan khalayak. Anda tidak mau kan??? karena cegukan anda malu berinteraksi dengan klien.

Makanan yang dingin atau panas,- diafragma akan berkontraksi secara tidak normal jika ada gesekan yang disebabkan oleh makanan dingin maupun panas. Mungkin anda bertanya kok makanan panas dan dingin dapat menimbukan suara cegukan??? Maksud dari statetman ini adal cegukan akan terjadi ketika anda makan makanan yang panas lalu makan makanan dingin secara bergantian.

Cegukan yang dialami seseorang bukanlah masalah serius yang harus dikonsultasikan ke dokter. Biasanya cegukan akan hilang dalam waktu 1 hingga 5 menit. Cara yang paling sederhana menghilangkan cegukan adalah meminum air secukupnya. Berdasarkan pengalaman penulis, ketika mengalami cegukan, penulis minum dengan tidak bernafas.

Hal yang kita lakukan pertama kali saat cegukan pastilah adalah minum. Ataupun memijat rongga mulut dengan menggunakan cotton buth. Namun ada beberapa tips mengatasi masalahcegukan dengan cepat.

Cara Tepat Menghilangkan Cegukan Secara Alami

1. Dengan Minyak Kayu Putih,- Jika cegukan tersebut terjadi pada kita saat di luar rumah atau pun sedang didepan umum. Cara berikut sangat efektif untuk membantu anda meredakan masalah cegukan. Oleskan minyak kayu putih pada leher dan perut anda. Reaksi hangat yang di timbulkan oleh minyak tersebut dapat membantu anda untuk menghilangkan cegukan.

2. Makan,- Anda bisa mencampurkan lemon yang dicampur dengan satu sendok teh gula. Cara ini efektif karena makanan tersebut dapat menggangu kerja yang dilakukan diafragma.Kerja diafragma yang terganggu akan menimbulkan efek cegukan tersebut berhenti.

Ada hal yang perlu di ingat yaitu gula yang digunakan juga cukup satu sendok saja. Ngemil makanan ringan seperti selai kacang yang ditaruh pelapis roti dan es krim juga dapat membantu cegukan yang timbul secara tiba-tiba.

3. Tarik Nafas Perlahan dan Keluarkan

Menarik nafas perlahan kemudian di keluarkan secara perlahan lahan.Nafas yang diatur secara perlahan membuat kerja syaraf dari otak yang dilanjutkan ke diafragma dapat diatur sehingga dada kita menjadi lapang. Dan cegukan pun dapat kita atasi.

4. Dengan dikagetkan

Mintalah teman ataupun saudara anda untuk mengkagetkan. Tetapi jangan anda pikirkan sebelumnya. Hal itu dapat membantu anda untuk mengalihkan perhatian anda dan mampu untuk menyembuhkan cegukan anda dengan cepat. Lakukan beberapa kali jika itu tidak bisa langsung terlihat hasilnya.

5. Makan Makanan Asam

Anda dapat mencoba dengan cuka. Cuka dapat membantu masalah cegukan yang anda alami karena rasa asam anda sehingga dapat mengobati ataupun meredakan cegukan yang anda secara alami. Setelah itu minumlah air hangat kemudian lihat ke atas. Merilekskan tubuh anda agar tubuh anda merasa nyaman dan cegukan yang anda alami secara perlahan lahan hilang.

Cegukan pada bayi dan cara mengatasinya

Cagukan tidak hanya dialami oleh orang dewasa. bayi yang baru lahir hingga memilki usia 3 bulan pun terkadang mengalami cegukan. Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya cegukan terjadi akibat diafragma yang tidak normal.

Hingga saat ini faktor penyebab cegukan pada bayi belum dikenali secara jelas, namun ada beberapa buku yang menyebutkan bahwa ketika seorang bayi minum dengan cepat atau terlalu banyak maka akan mengalami cegukan.

Meskipun cegukan tidak berbahaya namun hal tersebt dapat membuat seorang tidak nyaman. Begitupun dengan bayi yang menderita cegukan. Jika hal tersebut terjadi maka langkah yang paling memungkinkan adalah menggendong bayi, peluk hangat dan menenangkanya. Dengan sendirinya cegukan akan menghilang.

Untuk mengurangi resiko cegukan pada bayi kami menyarankan untuk mengatur  pola minum si bayi (perhatikan ketika memberi asi), jika bayi mudah terdesak dan muntah hendaknya hal tersebut dihentikan. Namun perlu anda ketahu bahwa sejalan dengan semakin bertambahnya usia bayi maka cegukan sedikit demi sedikit akan hilang.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here