5 Tips Ampuh Usir Badmood dalam Waktu Singkat

797
Cara Menghilangkan Badmood dalam Waktu Singkat
Badmood (Foto: Psikologid.com)

Arwini.com, 5 Tips Ampuh Usir Badmood dalam Waktu Singkat – Ada banyak hal tak terduga yang bisa dialami setiap hari, mulai dari yang menyenangkan hingga momen buruk yang tidak mengenakkan hati.  Peristiwa tidak menyenangkan yang dialami sering menimbulkan perubahan suasana hati hingga seseorang merasakan badmood sepanjang hari.

Bukan hanya membuat seseorang tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas, badmood juga bisa menurunkan produktivitas sehingga tidak boleh diremehkan begitu saja.

Tidak mau kan terjebak dalam suasana badmood sepanjang hari?  Nah, berikut ini adalah 5 tips ampuh usir badmood dalam waktu singkat yang bisa dicoba.

1. Curhat kepada Orang yang Dipercaya

Menceritakan segala persoalan yang tengah dihadapi kepada seseorang yang dipercaya bisa membantu Anda mengatasi badmood sehingga suasan hati bisa lebih positif.

Curhat kepada orang lain bukan hanya membuat mood kembali positif tetapi juga bisa membuat pikiran Anda lebih terbuka, terlebih jika orang yang Anda ajak curhat memberikan solusi dan jalan keluar dari persoalan yang tengah dihadapi.

Bahkan tak jarang seseorang yang Anda ajak curhat justru bisa membuat Anda kembali tersenyum dengan solusi konyolnya yang lucu.  Dan dengan tersenyum pun mood akan lebih baik dari sebelumnya.  Cukup sederhana bukan?

2. Refreshing dan Gerakkan Badan

Resreshing tidak harus pergi ke tempat rekreasi yang jauh, karena pada intinya Anda hanya perlu keluar rumah mencari suasana baru yang lebih segar dan membuat mood lebih positif.

Berjalan-jalan menikmati pemandangan sore hari atau menggerakkan badan dengan jogging dan olahraga ringan akan membuat suasana hati terasa lebih baik.

Saat tubuh bergerak, detak jantung pun meningkat dan kondisi ini akan mendorong tubuh mengeluarkan hormon Endorfin yang memberikan efek menenangkan.

3. Lakukan hal yang Menyenangkan

Melakukan hal-hal yang menyenangkan bisa mengubah badmood Anda menjadi lebih positif.  Cobalah untuk melakukan hoby yang selama ini jarang dilakukan, sehingga Anda memiliki kesibukan yang menyenangkan dan membangkitkan semangat.

Selain hoby, Anda juga bisa menikmati hari dengan melakukan aktivitas yang bisa membuat Anda merasa lebih baik, seperti mendengarkan musik, melukis, membaca buku, nonton film lucu, hangout bareng teman-teman atau bahkan berkebun mungkin?

Anda juga bisa mengubah lingkungan sekitar dengan warna lain yang lebih fresh, seperti mengatur ulang dekorasi rumah atau menempatkan tanaman di sudut ruangan yang bisa memberikan suasana baru yang berbeda.

4. Makan

Makan bisa menjadi solusi mengatasi badmood yang menyenangkan, namun demikian Anda juga perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi, jangan sampai badmood hilang tapi berat badan melambung.

Saat Anda badmood, ada beberapa jenis makanan yang sangat dianjurkan karena bisa membantu memperbaiki suasana hati, seperti dikutip dari Woman’s Day berikut ini:

  • Coklat

Coklat bisa menjadi makanan pengusir badmood yang efektif karena mampu mengurangi produksi hormon kortisol pemicu stress dan menurunkan kecemasan.  Jenis coklat yang dianjurkan untuk memperbaiki mood adalah dark chocolate.

  • Teh hijau

Kandungan theanin pada teh hijau terbukti ampuh untuk membantu menenangkan pikiran sehingga berpengaruh pada suasana hati yang lebih positif.  Anda bisa mengkonsumsi teh hijau hangat saat badmood dan rasakan manfaatnya.

  • Susu hangat

Seperti halnya teh hijau, konsumsi susu hangat juga bisa memberikan efek relaksasi yang menenangkan tubuh dan pikiran sehingga badmood berkurang.  Dimana konsumsi susu akan meningkatkan produksi seretonin yang memiliki sifat menenangkan.

Selain konsumsi makanan tersebut penting juga untuk mengimbanginya dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup.  Karena saat tubuh kekurangan cairan dan dehidrasi, hal itu akan membuat seseorang cenderung tidak bersemangat dan mudah marah.

5. Menolong Orang Lain

Saat badmood melanda, cobalah untuk melihat dunia dari sisi yang berbeda.  Anda bisa berbagi dan menolong orang lain yang membutuhkan, selain membantu meringankan beban orang lain hal itu juga bisa membuat Anda lebih bersyukur dan memperbaiki suasana hati yang sedang buruk.

Itulah 5 tips ampuh untuk mengatasi badmood yang bisa Anda coba, dan jangan lupa untuk selalu introspeksi diri agar bisa mengantisipasi munculnya badmood di kemudian hari dengan sikap yang lebih bijak.  Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah berdo’a kepada Sang Pencipta agar hati menjadi lebih tenang dan tenteram.  Selamat mencoba!

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here