5 jenis Sayuran Wajib dikonsumsi Ibu Hamil

546
Sayuran Wajib bagi Ibu Hamil
Sayuran Wajib bagi Ibu Hamil

Sayuran Wajib Ibu Hamil – Pada masa kehamilan, seorang ibu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang sedang dikandung.

Loading...

Salah satu jenis makanan yang wajib dikonsumsi selama kehamilan adalah sayuran, karena syuran banyak mengandung nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kehamilan.

Selain sayuran, ada banyak jenis makanan yang harus deprhatikan ibu hamil. Seperti buah apa saja ang cocok (baca: buah hamil), bagaimana kandungan makanan yang ada di dalamnya hangga jenis olahraga apa yang dibutukan (baca: latihan si Ibu). Karena kemponen-komponen tersebut sangat berpengaruh dalam kondisi kesehatan ibu hamil, maka ada baiknya kamu mengetahui hal itu.

Lalu jenis sayuran yang seperti apakah yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil? Nah, uraian berikut ini akan memberikan gambaran sayuran yang bermanfaat saat Anda sedang mengandung.

Daftar Sayuran Sehat untuk Ibu Hamil

1. Sayur Brokoli

Brokoli mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan janin dan mencegah resiko bayi lahir dengan cacat otak atau tulang belakang (baca: bayi cacat), selain itu brokoli juga banyak mengandung vitamin A, C, E, K dan B6 yang sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

Selain asam folat, kandungan vitamin K dan kalsium yang cukup tinggi pada brokoli juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Adapun kandungan serat dalam brokoli sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, sehingga ibu hamil bisa terhindar dari keluhan konstipasi.

Beberapa manfaat brokoli lainnya adalah: mencegah resiko penyakit kardiovaskuler atau jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan kekebalan tubuh, mengontrol kadar gula dalam darah, mengurangi peradangan, menjaga kesehatan sistem syaraf pusat (otak), menjaga kesehatan mata, dan menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat brokoli secara efektif, maka sebaiknya memasak brokoli dengan cara dikukus dan tidak boleh terlalu lama agar kandungan asam folat di dalamnya tidak hilang. Jika direbus, maka 50% kandungan asam folat akan hilang, oleh karena itu sebaiknya cukup 5 menit saja untuk merebusnya.

2. Sayur Bayam

Bayam banyak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil, seperti vitamin A,C, B, E, K, zat besi, kalsium, kalium, dan magnesium. Bayam juga diketahui sebagai sumber asam folat yang sangat penting untuk kehamilan.

Adapun beberapa manfaat bayam antara lain adalah: mencegah kontsipasi karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, menjaga kesehatan tulang, meningkatkan sistem imun tubuh, bersifat anti inlflamasi, mencegah penyakit kardiovaskuler.

Selai itu ia juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan resiko penyakit diabetes, mencegah anemia, mencegah osteoporosis, melawan radikal bebas, menjaga kesehatan sistem syaraf serta fungsi otak, dan mengatasi kelelahan karena konsumsi bayam bisa meningkatkan jumlah energi serta zat besi di dalamnya mampu meningkatkan produksi oksigen di dalam tubuh.

3. Sayur Daun katuk

Daun katuk mengandung berbagai zat penting yang baik untuk kehamilan, yaitu pro vitamin A (beta karoten), vitamin B, C, K dan berbagai mineral seperti zat besi, kalium, fosfor, kalsium, dan magnesium.

Beberapa manfaat daun katuk antara lain adalah: meningkatkan produksi ASI, mencegah resiko osteoporosis, mengatasi keluhan influenza, menangkal radikal bebas karena mengandung zat antikosidan yang cukup tinggi, meningkatkan imunitas tubuh pada ibu hamil dan melancarkan pencernaan.

4. Sayur Daun singkong

Daun singkong banyak mengandung vitamin A, C, kalsium, fosfor, dan zat besi sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Daun singkong sangat mudah di dapatkan, dari pasar tradisional hingga modern, singkong ada di mana-mana. bahkan anda pun dapat menenamnya.

Beberapa manfaat daun singkong antara lain adalah: membantu menjaga kesehatan mata, mencegah resiko terjadinya osteoporosis, menjaga kesehatan tulang, mengatasi sakit kepala, dan mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Sayur Kangkung

Kangkung banyak mengandung vitamin A, C, B, kalsium, fosfor, asam amino, selenium dan serat sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Beberapa manfaat kangkung untuk ibu hamil antara lain adalah: mengatasi keluhan insomnia karena kangkung mengandung zinc dan selenium yang bisa menyebabkan kantuk, melancarkan produksi ASI, mengatasi sembelit, dan menjaga kesehatan mata.

Nah, itulah beberapa jenis sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil agar ibu dan janin yang dikandung tetap sehat. Selain jenis sayuran di atas, tentu masih banyak lagi aneka sayuran yang bisa dikonsumsi saat hamil karena masing-masing sayuran memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kehamilan.

Mengkonsumsi berbagai jenis sayuran tersebut akan lebih aman dibandingkan dengan suplemen multivitamin, karena zat yang ada di dalam sayuran bersifat alami dan aman tanpa efek samping yang berbahaya.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here