5 Cara Merawat Rambut Berminyak dengan Cepat dan Mudah

521

Banyak pujangga mengatakan bahwa hidup haruslah disyukuri, apapun keadaannya. Salah satu realitas yang banyak orang alami adalah kondisi rambut yang berminyak. Rambut berminyak bukanlah sebuah kutukan, melainkan sebuah anugerah Tuhan yang harus disyukuri. Yang terpenting adalah bagaimana cara merawat rambut minyak agar kondisinya tidak terlalu parah. Untungnya, Anda dapat menemukan 5 cara merawat rambut berminyak dengan cepat dan mudah dalam artikel ini. Beberapa cara berikut ini dapat membantu Anda mendapatkan rambut yang sehat dan terawat.

 

Tentang Rambut Berminyak

Berbeda dengan rambut kering, seseorang dengan rambut berminyak cenderung mengalami masalah-masalah lainnya pada area kepala. Hal tersebut karena debu dan kotoran dapat dengan mudah menempel pada area berminyak pada rambut. Rambut berminyak bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti masalah pada kulit kepala dan juga perawatan rambut yang salah. Kulit kepala Anda memiliki kelenjar bernama kelenjar sebaceous, dan kelenjar ini yang bertanggung jawab terhadap distribusi minyak pada rambut. Sebaceous atau minyak pada rambut berguna untuk melembabkan rambut, sehingga rambut terlihat lebih cerah. Namun karena faktor-faktor tertentu, produksi minyak menjadi berlebihan, alhasil rambut terlihat seperti diguyur minyak goreng. Faktor hormon dan genetis juga dapat menjadi penyebab rambut menjadi berminyak. Tidak perlu khawatir, karena terdapat banyak cara merawat rambut berminyak, tanpa Anda perlu mengeluarkan uang yang banyak.

 

5 Cara Merawat Rambut Berminyak dengan Cepat dan Mudah

Bagi Anda yang memiliki rambut berminyak, tidak perlu galau ya, karena banyak cara kok biar rambut tetap sehat. Berikut ini sahabat Arwini dapat menemukan 5 cara merawat rambut berminyak dengan cepat dan mudah.

Keramas Secara Rutin dan Gunakan Sampo Khusus Rambut Berminyak

Rambut berminyak layaknya jebakan debu dan kotoran, dan pastinya rambut berminyak jauh lebih mudah kotor daripada rambut kering. Nah cara merawat rambut berminyak yang pertama adalah dengan keramas secara rutin. Dengan keramas secara rutin, Anda dapat membantu rambut untuk mengeluarkan debu dan kotoran didalamnya. Namun perlu diperhatikan, jangan terlalu sering mencuci rambut, karena bisa mengurang produksi kelenjar sebaceous hingga tingkat ekstrem. Selain itu gunakan sampo khusus rambut berminyak, yang memiliki pH diatas 6.7 dan juga memiliki kandungan antifungal. Sampo khusus rambut berminyak biasanya sangat lembut dan juga terasa lebih lembab. Untuk menghilangkan debu dan kotoran secara menyeluruh, pijat-pijat seluruh area rambut hingga kotoran hilang.

 

Pilih dan Gunakan Kondisioner dengan Tepat

Berbeda dengan rambut kering, Anda harus sedikit selektif memilih kondisioner untuk perawatan rambut berminyak. Rambut yang dioleskan terlalu banyak kondisioner, hanya akan membuat rambut semakin berminyak. Jadi sebaiknya gunakan kondisioner hanya pada saat rambut telah kering, dan oleskan pada ujung-ujungnya saja. Sebaiknya juga nih, gunakan kondisioner yang memiliki formula lebih ringan, dan tidak memiliki bahan minyak didalamnya. Perlu diperhatikan juga, jangan oleskan kondisioner pada akar rambut dan kulit rambut, karena hanya akan membuat rambut semakin berminyak.

 

Sisir Rambut Secara Rutin

Banyak orang bilang, bahwa menyisir rambut berminyak hanya akan menambah produksi minyak. Memang iya, namun hal tersebut terjadi hanya ketika Anda menyisir rambut dua kali sehari saja. Dengan menyisir rambut sesering mungkin, produksi minyak pada kelenjar sebaceous akan semakin berkurang. Cara merawat rambut berminyak ini merupakan long-term method, jadi efeknya bisa awet.

 

Gel Lidah Buaya

Cara merawat rambut berminyak lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan mengaplikasikan gel lidah buaya. Lidah buaya memang salah satu bahan alami yang paling sering digunakan untuk perawatan rambut. Kandungan pada lidah buaya dapat menyeimbangkan pH  pada kulit kepala, sehingga kelenjar sebaceous pun tidak akan terlalu banyak mengeluarkan minyak. Untuk mengaplikasikannya sangat mudah, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya langsung pada rambut, atau Anda bisa mengkombinasikan lidah buaya dengan bahan lainnya. Anda bisa mencampurkan sampo dengan lidah buaya, lalu dioleskan saat keramas. Atau Anda juga dapat mengkombinasikan lidah buaya dengan perasan lemon, dan oleskan secara rutin. Cara merawat rambut dengan metode alami memang lebih efektif, dan juga tanpa khawatir akan efek sampingnya.

 

Teh Hitam

Bagi Anda yang memiliki rambut berminyak, bisa menggunakan teh hitam sebagai solusinya. Teh hitam merupakan jenis teh yang paling kuat kadar oksidasinya, sehingga cocok untuk perawatan rambut. Teh hitam juga memiliki kandungan asam tannic yang dapat mengurangi produksi minyak pada rambut. Caranya sangat mudah, tinggal oleskan teh hitam yang telah direbus sebelumnya, biarkan beberapa menit lalu bilas.

 

Nah itulah 5 cara merawat rambut berminyak dengan cepat dan mudah. Tidak perlu mahal-mahal kok, cara-cara diatas selain murah juga sangat efektif tentunya, semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here