5 Cara Menghilangkan Kutu Rambut yang Terbukti Ampuh, Wajib Anda Coba

217
Cara Menghilangkan Kutu Rambut
Kutu Rambut / Parentsociety.com

Cara Menghilangkan Kutu Rambut – Kutu rambut merupakan salah satu dari sekian banyak masalah pada rambut, dan hal ini pastinya sangat menjengkelkan. Seseorang yang memiliki puluhan bahkan ratusan kutu pada rambutnya pasti mengalami hari-hari yang tak menyenangkan, mengapa?

Pertama, ia pasti selalu merasa gatal-gatal pada kulit kepalanya.

Kedua, ia pasti akan dijauhi oleh orang-orang sekitar karena kutu biasanya akan lompat dari satu kepala ke kepala lainnya.

Anda mungkin bertanya, kenapa sich kok kutu bisa hidup di rambut? Ya memang seperti itulah faktanya, yang terpenting Anda dapat mengetahui beberapa cara menghilangkan kutu rambut permanen dan cepat dalam artikel ini, yu mari simak!

Mengapa Kutu Bisa Hidup di Rambut?

loading...

Bagi kita orang awam, pasti bertanya-tanya, kok bisa sich kutu hidup di rambut? Kenapa tidak di tempat-tempat lainnya, seperti kumis atau janggut misalnya. Jawabannya karena kepala merupakan lokasi paling strategis bagi parasit bernama Pediculus humanus capiti untuk beranak pinak.

Pediculus humanus capiti merupakan parasit yang hidup di kepala, saat menetas ukurannya lebih kecil dari ujung peniti, bisa dibayangkan kan betapa kecilnya parasit ini? Setelah dewasa, ukurannya pun hampir tak bisa terjamah oleh penglihatan, karena ukurannya hanya sebesar biji wijen.

Organisme satu ini termasuk mahluk super power, karena apa? Karena meskipun Anda sudah membersihkan rambut dengan sampo, kutu akan tetap hidup.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Permanen dan Cepat

Nah setelah Anda tahu mengapa kutu betah berada di permukaan rambut, sekarang waktunya mengetahui beberapa cara menghilangkan kutu rambut permanen dan cepat. Beberapa cara dibawah ini menggunakan bahan-bahan alami, dan Anda pun dapat dengan mudah mendapatkannya.

1. Minyak Mimba

Salah satu cara membunuh parasit Pediculus humanus capiti paling efektif adalah dengan menggunakan minyak mimba. Daun mimba yang memiliki bentuk mirip daun kedondong ini dapat digunakan untuk menghilangkan kutu rambut, mengapa?

Pertama, daun mimba memiliki kandungan azadiractin yang sangat dibenci oleh kutu rambut, dan kandungan azadiractin dapat mematikan siklus hidup kutu-kutu di rambut. Kedua, kandungan triterpenoid pada minyak mimba dapat berfungsi sebagai antiseptic. Berikut cara menggunakan minyak mimba untuk menghilang kutu rambut:

  • Masukan 1 mangkuk minyak mimba kedalam microwave.
  • Pastikan minyak tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu hangat.
  • Oleskan minyak mimba tersebut keseluruh permukaan rambut.
  • Biarkan selama 15 menit.
  • Setelah itu sisir rambut dengan menggunakan serit, lalu oleskan lagi sisa minyak mimba pada area rambut yang Anda anggap belum terjamah.

2. Bawang Merah

Cara menghilangkan kutu rambut lainnya adalah dengan menggunakan bawang merah. Mengapa bawang merah? Jawabannya karena bawang merah memiliki kandungan sulfur dalam jumlah banyak, dan sulfur dapat membunuh kutu pada rambut, berikut cara penggunaannya:

  • Masukan 7 siung bawah merah kedalam blender.
  • Tuangkan kedalam gelas, lalu saring jus bawang merah tersebut.
  • Oleskan ekstrak bawang merah tersebut pada rambut, lalu gunakan plastik shower untuk menutupi rambut.
  • Biarkan selama 2 jam.
  • Bilas rambut dengan menggunakan sampo antiketombe.
  • Keringkan dengan menggunakan hair dryer, dan sisir rambut dengan menggunakan serit.

3. Mayones

Cara menghilangkan kutu rambut lainnya adalah dengan menggunakan mayones. Iya betul sekali, mayones yang sering Anda nikmati di meja makan. Mayones dapat membunuh parasit Pediculus humanus capiti dengan sangat efektif, berikut cara penggunaannya:

  • Oleskan mayones keseluruh permukaan rambut.
  • Tutup rambut dengan menggunakan plastik shower.
  • Biarkan selama 5 jam.
  • Bilas dengan sampo.
  • Keringkan dengan hair dryer, dan sisir rambut dengan serit.

4. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh atau tea tree oil merupakan ekstrak minyak yang diambil dari teh melaleuca yang berasal dari Australia. Namun minyak pohon teh ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di supermarket ataupun apotek terdekat.

Minyak pohon teh dapat berfungsi sebagai antiseptic sehingga dapat membunuh parasit hingga ke akar-akarnya, berikut cara penggunaan minyak pohon teh untuk menghilangkan kutu rambut:

  • Campurkan 20 tetes minyak pohon teh dengan 2 sendok makan minyak zaitun.
  • Oleskan ramuan tersebut pada permukaan rambut.
  • Tutup dengan plastik shower.
  • Lakukan cara ini sebelum tidur, dan lepas plastik shower saat terbangun pada pagi harinya.

5. Lemon dan Bawang Putih

Cara menghilangkan kutu rambut lainnya adalah dengan menggunakan ramuan lemon dan bawang putih. Caranya cukup mudah, sediakan 4 siung bawang putih, perasan lemon dan ulekan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Bercabang yang Parah

Tumbuk 4 siung bawang putih, tambahkan 2 sendok makan perasan lemon, oleskan pada rambut, tutup dengan plastik shower, dan biarkan selama setengah jam.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here