5 Cara Mengencangkan Kulit Wajah yang Kendur

2744

Kulit wajah yang kendur bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti penuaan, obesitas, maupun genetika. Kulit wajah yang kendur dapat membuat penampilan seseorang terlihat lebih tua. Itulah mengapa banyak selebritis dunia seperti Cameron Diaz, Gwyneth Paltrow, Julia Roberts dan lainnya menghabiskan jutaan dollar hanya untuk perawatan wajah mereka yang sudah mulai mengendur. Sebenarnya Anda tak perlu mengikuti jejak mereka, karena selain Anda tak akan mampu membayar perawatan wajah yang super mahal, terdapat beberapa cara mengencangkan kulit wajah secara alami yang tanpa perlu menghabiskan isi saldo ATM Anda.

 

Penyebab Kulit Wajah yang Kendur

Sebelum Anda mengetahui beberapa cara mengencangkan kulit yang kendur, ada baiknya Anda mengetahui beberapa penyebab kulit wajah menjadi kendur.

  • Gejala Penuaan

Penyebab pertama mengapa kulit menjadi kendur adalah karena proses penuaan. Semakin meningkatnya umur, maka produksi kolagen juga semakin berkurang. Kolagen merupakan salah satu elemen yang dapat memperkencang kulit, sehingga jika produksinya berkurang, maka kulit pun akan mengendur. Selain itu, semakin meningkatnya umur, kadar lemak pada wajah pun akan berkurang, hal ini pula yang menyebabkan kulit menjadi kendur.

  • Penurunan Berat Badan

Saat seseorang baru saja menjalani program diet, biasanya dia akan kaget karena kulit mukanya menjadi mengendur. Iya betul sekali, saat seseorang baru menurunkan berat badan, kulit pun menjadi merenggang. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang dulunya mengalami kegemukan pada saat hamil.

  • Genetik

Kulit yang kendur juga berhubungan dengan faktor genetik. Orang tua yang memiliki masalah pada kulitnya, biasanya akan menurunkan pada anak-anaknya.

 

Cara Mengencangkan Kulit Wajah yang Kendur

Orang dengan kulit wajah yang kendur terlihat lebih pucat dan kurang bersemangat. Untungnya terdapat banyak cara mengencangkan kulit wajah yang kendur dengan mudah dan cepat, dan Anda dapat menemukannya dibawah ini.

  1. Senam Wajah

Cara mengencangkan kulit wajah yang kendurĀ  yang pertama adalah dengan senam wajah. Sama seperti bagian kulit lainnya, untuk mengencangkan kulit wajah, Anda bisa melakukan berbagai gerakan yang dapat mengurangi kerutan pada wajah. Untuk mengencangkan kulit pada area pipi, Anda bisa melakukan gerakan menengadah keatas, lalu menunduk, dan lakukan cara ini berulang. Selain itu agar lebih maksimal, Anda bisa menggerak-gerakan mulut, terbuka lalu tertutup. Cara lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan menutup mulut lalu menyedotnya berkali-kali. Namun ada senam wajah yang lebih menyenangkan yaitu dengan mempebanyak tertawa. Jadi jangan terlalu serius menjalani hidup, tertawalah, karena dengan tertawa Anda bisa mengencangkan kulit wajah yang kendur.

 

  1. Masker Wajah

Cara mengencangkan kulit wajah lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan masker wajah. Terdapat banyak sekali resep masker wajah yang bisa Anda coba, dan Anda dapat menemukannya dibawah ini.

  • Masker Alpukat

Salah satu masker wajah terbaik untuk kulit wajah yang kendur adalah masker alpukat. Kandungan antioksidan dan sterolin pada buah alpukat sangat baik untuk kesehatan wajah. Untuk membuat masker wajah alpukat ini sangat mudah, Anda dapat menyendok daging alpukat lalu masukan kedalam mangkuk. Tambahkan dua sendok makan minyak zaitun, lalu aduk-aduk hingga merata. Masukan masker tersebut kedalam kulkas dan biarkan selama 1 jam. Setelah itu, Anda bisa mengoleskannya pada permukaan wajah.

  • Masker Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tumbuhan yang paling sering digunakan pada produk-produk kecantikan. Hal tersebut memang tidak terlepas dari kemampuan lidah buaya yang mampu meregenerasi sel-sel kulit, termasuk kuit wajah. Untuk menjadikannya masker, Anda dapat mencampurkan daging lidah buaya dengan perasan lemon kedalam blender. Setelah tercampur rata, tinggal oleskan oleh Anda masker lidah buaya tersebut pada area wajah yang kendur.

  • Masker Putih Telur

Masker lainnya yang cocok untuk mengencangkan kulit wajah adalah masker putih telur. Putih telur memiliki kandungan astringen yang sangat bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah yang kendur. Untuk menjadikannya masker, kocok 2 putih telur, lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

 

  1. Pola Makan Sehat

Cara mengencangkan kulit wajah yang kendur lainnya adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Sebagai perawatan wajah yang kendur, sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi makanan-makanan yang kaya akan antioksidan seperti anggur, alpukat, madu dan lain-lain. Makanan yang kaya akan antioksidan dapat membantu tubuh melawan radikal bebas, sehingga produksi kolagen pada wajah bisa tetap dijaga.

 

  1. Minum yang Banyak

Cara mengencangkan kulit wajah yang kendur lainnya adalah dengan mengkonsumsi air mineral, minimal 8 gelas sehari.

 

  1. Gunakan Produk Krim yang Tepat

Kaum hawa tidak bisa dilepaskan dari penggunaan produk-produk krim. Oleh karena itu, pilihlah produk krim yang tepat, dan hindari penggunaan produk berbahan kimia yang berbahaya.

 

 

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here