5 Cara Mengecilkan Lengan Berlemak dengan Mudah

Lengan berlemak atau flabby arm merupakan masalah yang sering dialami oleh para pria maupun wanita. Pria menginginkan lengan yang proporsional dan berotot, sedangkan kaum hawa menginginkan lengan yang kecil dan kencang.  Banyak pria dan wanita mengeluhkan lengannya yang besar, sehingga terlihat jelek saat memakai pakaian tanpa lengan. Selain itu, mereka yang memiliki lengan berukuran besar harus memilih pakaian yang memiliki bagian lengan agak besar. Memang agak complicated ya, namun untungnya terdapat beberapa cara mengecilkan lengan berlemak dengan mudah, dan Anda dapat menemukannya dalam artikel ini.

 

Penyebab Lengan Berlemak

Sebelum kita masuk pada pembahasan mengenai beberapa cara mengecilkan lengan berlemak, ada baiknya pembaca mengetahui beberapa penyebab mengapa lengan menjadi membesar dan berlemak. Lengan yang besar disebabkan oleh menumpuknya lemak pada area lengan. Hal ini sangat berhubungan dengan meningkatnya umur seseorang, semakin tua biasanya kulit lengan akan semakin melebar. Dikutip dari MedlinePlus, lemak akan semakin meningkat, terutama pada area lengan, pada orang dewasa dalam rentang umur 30-60 tahun. Hal tersebut berhubungan dengan kadar hormon seseorang yang mulai berkurang, selain itu metabolisme tubuh juga semakin menurun. Namun lengan berlemak juga bisa dialami oleh para remaja, terutama karena faktor pola makan dan juga genetis.

 

Cara Mengecilkan Lengan Berlemak dengan Mudah

Lengan termasuk salah satu organ tubuh yang paling terlihat. Ukurannya yang proporsional, dapat membuat penampilan seseorang menjadi lebih menarik. Berikut Anda dapat menemukan 5 cara mengecilkan lengan berlemak dengan mudah.

  1. Angkat Beban/ Weight Lifting

Salah satu cara mengecilkan lengan paling mudah adalah dengan angkat beban atau weight lifting. Dengan mengangkat beban, otot-otot pada lengan menjadi berkontraksi, dan dapat membakar lemak dengan cepat. Anda bisa menggunakan barbel atau dumbel, namun bagi Anda yang belum terbiasa mengangkat beban, sebaiknya gunakan dumbel. Jika Anda tidak memiliki dumbel dan tidak memiliki waktu latihan yang banyak, Anda dapat menggunakan botol berisikan air sebanyak 2 liter. Lakukan weight lifting dimanapun Anda berada, baik itu di kantor, rumah teman ataupun rumah pribadi.

 

  1. Chair Dips

Untuk memperkecil lengan, sebenarnya Anda tak perlu pergi ke gym, karena dengan menggunakan kursi rumah atau kantor, Anda juga bisa mengecilkan lengan dengan mudah. Chair dips adalah latihan fisik yang memfokuskan penguatan otot lengan atas dan punggung. Tidak hanya mampu memperkecil lengan, chair dips juga mampu mengencangkan lengan sehingga lengan terlihat atletis. Yang Anda perlukan hanya sebuah kursi berukuran ½ meter dari lantai. Tempatkan kursi tersebut berdekatan dengan dinding, agar kursi tetap berada di tempat. Setelah itu, belakangi kursi dan letakan kedua tangan pada permukaan kursi. Mulai lakukan gerakan naik turun, persis push up.

 

  1. Push Up

Nah saya yakin, Anda sudah mengenal baik apa itu latihan push up. Ini adalah salah satu cara paling tepat dalam mengecilkan lengan. Selain lengan yang atletis, bagian lainnya pada tubuh juga menjadi atletis. Untuk memulai push up ini memang agak berat, dan Anda tak perlu harus melakukan push up sebanyak 100 kali pada tahap awal. Lakukan secara perlahan-lahan, dimulai dari 5-15 kali push up lalu tingkatkan hingga mencapai batas maksimal. Push up bisa dilakukan dimanapun, baik di rumah ataupun di kantor.

 

  1. Arm Circle

Cara mengecilkan lengan lainnya yang bisa Anda coba di rumah ataupun kantor adalah arm circle. Arm circle merupakan latihan penguatan otot-otot lengan, sehingga lengan berlemak pun bisa menjadi kecil dan atletis dengan mudah. Anda hanya perlu meregangkan kedua tangan, lalu memutar-mutarnya secara spiral. Untuk melakukan arm circle ini sangat efisien, karena Anda tak perlu menggunakan peralatan apapun, selain tangan dan niat Anda.

 

  1. Skipping

Jika Anda mengingkan lengan yang kecil maka lakukanlah skipping. Anda pasti sudah tahu kan apa itu skipping? Iya betul sekali, olahraga menggunakan tali ini bisa menjadi alternatif terbaik dalam mengecilkan lengan. Selain itu, skipping bukanlah latihan yang membutuhkan dana yang besar. Cukup sediakan tali dan juga tempat yang agak luas.

 

Tips-tips Mengecilkan Lengan dengan Mudah

Selain beberapa cara mengecilkan lengan diatas, Anda juga harus menjaga pola makan dan lifestyle Anda, sehingga lemak tidak menumpuk pada area lengan. Berikut ini Anda dapat menemukan beberapa tips-tips mengecilkan lengan dengan mudah.

  • Pastikan asupan air mineral Anda berkisar 8 hingga 15 gelas perhari.
  • Agar terhindar dari lengan berlemak, sebaiknya Anda menghitung asupan kalori harian Anda.
  • Hindari ngemil terlalu banyak, karena dapat mengakibatkan penimbunan lemak pada lengan.
  • Jangan mengkonsumsi rokok dan alkohol.

 

Nah itulah beberapa cara mengecilkan lengan dengan mudah, beserta tips-tipsnya. Semoga Anda dapat mengambil manfaat setelah membaca artikel ini.

 

 

 

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here